Powered by Blogger.

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing | Infeksi saluran kencing, juga dikenal sebagai ISK, adalah infeksi bakteri pada setiap bagian dari saluran kencing. Infeksi urin lebih umum di kalangan wanita. ISK terjadi ketika bakteri memasuki saluran melalui uretra dan menjajah ginjal dan kandung kencing.

Apa saja gejala infeksi saluran kencing?

  • Sering buang air kecil
  • Perasaan buang air kecil di celana, sedikit sedikit
  • Sensasi terbakar setelah buang air kecil
  • Sensasi terbakar di meatus (pembukaan) atau uretra perut terasa nyeri
  • Terdapat nanah dalam urin
  • Warna urin keruh
  • Tertinggal jejak darah di urin
  • Demam
Bahkan setelah mengambil tindakan pencegahan dan langkah-langkah yang efektif, seorang wanita menderita setidaknya sekali dari ISK ini. Jadi, simaklah artikel berikut, cara mencegah infeksi saluran kencing.

Bagaimana cara mencegah infeksi saluran kencing?

 1. Jangan pernah mengontrol urgensi untuk buang air.

Jika Anda merasa seperti ingin buang air kecil, segera pergi ke toilet, jangan menahannya. Mengontrol urin dapat menyebabkan infeksi saluran kencing.

Baca juga : Pengobatan Rumahan Untuk Infeksi Saluran kencing

2. Jaga asupan cairan

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah infeksi saluran kencing adalah memiliki cukup air. Minum 8-10 gelas air untuk meningkatkan bagian pembentukan urin. Anda harus buang air setelah 1 jam dalam sehari.

3. Selalu bersih sebelum dan setelah hubungan seksual.

Anda harus mencuci vagina dan buang air kecil setelah hubungan intim. Cara terbaik adalah untuk buang air kecil setelah intercourse. Ini dapat membersihkan keluar saluran yang mungkin sudah mendapat beberapa bakteri selama hubungan intim.

4. Hindari duduk di toilet-toilet umum.

Kebersihan kelamin yang tepat dapat mencegah menderita infeksi saluran kencing. Toilet umum digunakan oleh banyak sekali orang, sehingga baktery yang tertinggal kemungkinan besar sangat banyak, dan setiap orang belum tentu membersihkan toilet umum tersebut ketika habis memakainya.

5. Siram sebelum duduk di toilet dan buang air kecil setelah 1-2 menit.

Flushing melarikan diri bakteri dari toilet yang bisa masuk ke saluran kencing. Jadi, siram terlebih dahulu toilet yang akan anda gunakan sebelum memakainya. Ini bisa meminimalisir kuman dan baktery yang tertinggal di closet tersebut.

6. Cuci daerah genital setelah buang air kecil dua atau tiga kali

Hal ini mempertahankan kebersihan kelamin dan juga mencegah infeksi saluran kencing. Selepas buang air kecil akan ada kemungkinan jika kelamin kita terkena baktery atau terdapat sisa sisa urin yang kemudian akan menyebabkan datangnya baktery.

7. Kenakan pakaian katun untuk organ intim anda

Kenakan Pakaian katun karena membuat kulit kering dan bebas dari pembentukan bakteri. Perjalanan udara lebih mudah dalam pakaian katun. Juga memakai kehilangan celana pas untuk menghindari menjadi tidak nyaman dan lengket.

8. Pastikan membersihkan anal setelah buang air besar

Bersihkan dengan benar setelah melewati tinja sebagai bakteri terbentuk dalam usus yang dapat menyebabkan infeksi saluran kencing. Baktery di sekitar organ kelamin ataupun anal dapat berkembangbiak dan menyebabkan infeksi saluran kencing, untuk itu anda wajib menjaga kebersihan setelah anda buang air kecil dan buang air besar

9. Perempuan harus membersihkan arah terbalik

Hal ini untuk mencegah bakteri untuk lulus dari anus ke vagina. Membersihkan ke arah terbalik untuk menghindari baktery dari anus masuk ke organ kewanitaan anda.

10. Ganti pembalut setelah 2-3 jam selama menstruasi

Hindari memakai tampon jika Anda rentan terhadap infeksi saluran kencing. Ikuti tips ini untuk mencegah menderita infeksi saluran kencing dan berkonsultasi dengan dokter jika gejala infeksi saluran kencing yang diamati.
Baca juga : Obat Infeksi Saluran Kencing

0 Responses to “Bagaimana Cara Mencegah Infeksi Saluran Kencing”

Post a Comment